Presiden Erdogan Memberi Dukungan Terhadap OzilPresiden Turki, Recep Tayyip Erdogan memberikan ucapan selamat kepada Mesut Ozil karena sudah berani menyatakan ketidak adilan dan tindakan rasis yang diterima Ozil dari berbagai kalangan orang di Jerman.

Beberapa hari yang lalu, Ozil membuat pernyataan bahwa dirinya pensiun dari timnas jerman. Dirinya merasa ter-diskriminasi dan tidak dihormati, ditambah lagi Ozil sering sekali menerima perlakuan rasis.
Perlakuan yang diterima Ozil tersebut berhubungan soal dirinya yang memiliki keturunan Turki. Perlakuan tersebut diterima Ozil dari berbagai pihak, mulai dari fans biasa, politikus Jerman bahkan Presiden Federasi Sepakbola Jerman (DFB), Reinhard Grindel.
Dirinya juga mengaku kesal karena dijadikan penyebab atas gagalnya timnas Jerman di Piala Dunia 2018. Pada surat pengunduran diri yang ditulisnya Ozil sempat menulis:
“Saya seorang Jerman jika kami menang. Tetapi seorang imigran jika kami kalah.”

Perlakuan yang tidak menyenangkan yang diterima Ozil semakin parah setelah dirinya melakukan kegiatan foto bareng bersama Presiden Erdogan. Waktu itu Cenk Tosun dan Ilkay Gundogan ikut berfoto bareng bersama Erdogan.
Kegiatan foto bareng ini terjadi ketika pemain-pemain tersebut mengunjungi kedutaan besar Turki di London pada bulan Mei lalu. Erdogan kala itu sedang melakukan kampanye untuk mencari dukungan agar dirinya bisa maju lagi sebagai Presiden Turki. Dan tujuan Erdogan pergi ke-Inggris waktu itu adalah untuk melakukan pertemuan dengan Perdana Mentri Inggris, Theresa.
Pertemuan dengan Erdogan dan tindakan mengambil foto lantas menjadi perhatian banyak pihak. Pihak-pihak tersebut bahkan mengatakan bahwa kegiatan foto tersebut digunakan sebagai alat kampanye.

Lalu setelah Ozil menyatakan mundur pada hari Minggu kemarin, Presiden Erdogan akhirnya buka mulut soal hal tersebut. Dirinya mengaku men-support tindakan yang diambil pemain Arsenal tersebut.
“Pernyataan ini oleh Ozil dan sikap yang diambilnya benar-benar nasional dan pribumi. Ini jauh di luar semua apresiasi,” ucapnya seperti dilansir Goal International.
Erdogan juga menyayangkan perilaku yang diterima Ozil meskipun pemain tersebut sudah memberikan banyak kontribusi dan mengorbankan banyak hal demi kejayaan Timnas jerman.

Selain mendapatkan dari Erdogan, Ozil juga mendapatkan dukungan berikutnya dari Presiden Federasi Sepakbola Turki, Yildirim Demiroren.
Demiroren benar-benar mengecam segala jenis tindakan, ancaman dan pesan yang diterima Ozil hanya karena Ozil yang memiliki darah Turki.
Dirinya mengatakan bahwa pemain harus dalam perlindungan dari Federasi Sepakbolanya dari segala jenis diskriminasi atau penghinaan. Demiroren kemudian mengajak seluruh komunitas sepakbola Internasional untuk memerangi tindakan rasis dan intoleransi yang saat ini masih terjadi.

“Kita semua harus bekerja sama untuk memanfaatkan potensi untuk menciptakan dampak sosial yang positif yang mempromosikan nilai-nilai sepakbola yang inklusif dan penuh rasa hormat.” Ucap Yildirim Demiroren.