Sang legenda Mestero Sepak Bola Asal Italia, Andrea Pirlo dikabarkan bahwa dirinya akan kembali lagi bergabung bersama timnas Italia. Tentu saja bukan menjadi pemain mengingat dirinya sudah pensiun dari tim. Tetapi Pirlo akan kembali lagi ke timnas dengan peran baru yaitu sebagai asisten pelatih timnas Italia.

Berdasarkan data dari Ansa, Pirlo kabarnya sebentar lagi akan segera diresmikan bergabung dengan jajaran tim kepelatihan Italia. Pirlo sendiri nantinya akan diposisikan sebagai asisten untuk pelatih kepala Roberto Mancini.
Kemudian Pirlo sebenarnya baru memutuskan untuk pensiun sebagai pemain sepakbola professional pada tahun lalu. Sosok yang legendaris yang terkenal dengan keahliannya melakukan passing dan mengeksekusi berbagan tendangan bebas ini menyatakan pensiun pada usianya yang sudah mencapai 39 tahun. Klub terakhir yang menjadi klub Pirlo adalah New York City, klub asal Amerika.
Dan sekarang dengan dirinya yang sudah menyandang status legenda timnas Italia, Pirlo diyakini dapat menjadi sosok penting. Dirinya memiliki segudang ilmu dan pengalaman yang bisa ditanamkan pada anak-anak pemain timnas Italia yang saat ini mayoritasnya di isi dengan pemain-pemain muda.

Pirlo sendiri saat ini sedang menjalani kursus lisensi kepelatihan. Kursus merupakan salah satu syarat supaya Pirlo bisa menjadi asisten pelatih timnas Italia. Mantan pemain AC Milan tersebut sudah mengambil lisensinya di Coverciano dan akan menjalani proses ujian terakhir pada bulan September nantin.
Ansa (Agenzia Nazionale Stampa Associata) mengatakan bahwa Federasi Sepakbola Italia (FIGC) sedang melakukan negosiasi dengan Pirlo. Pirlo sendiri dikatakan tidak akan mungkin menolak tanggung jawab yang sebentar lagi akan menjadi miliknya.
Disisi lain, FIGC menginginkan agar Pirlo memberikan segudang pengalamannya yang pernah menjuarai Piala Dunia 2006 kepada para pemain timnas Italia. Mengingat Italia saat ini sedang menjalani perubahan diri usai gagal ikut serta di Piala Dunia 2018.

Terakhir soal lisensi kepelatihan. Pirlo dikatakan tidak akan kesulitan memenuhinya, ditambah lagi FIGC dan Pirlo juga memiliki kesamaan prinsip. Lalu jalinan antara Mancini dan Pirlo juga nampaknya cukup baik. Tetapi kabarnya terdapat satu hal yang bisa menjadi penghalang.
Saat ini Pirlo sudah menjalin kontrak eksklusif dengan pihak Sky Sport. Dirinya akan menjadi pundit di ajang Liga Champions musim 2018-2019. Walaupun tidak begitu besar, tetapi masalah ini bisa menjadi besar jika Sky Sports, Pirlo atau FIGC tidak segera mengatasinya.